Tuesday, May 10, 2016

Fakta Unik Ayam Cemani

Fakta Unik Ayam Cemani - Ayam atau yang biasa dipelihara dan menjadi salah satu ternak favorit masyarakat Indonesia adalah unggas yang biasa di manfaatkan telur dan dagingnya untuk pelengkap kebutuhan makanan manusia. Ayam merupakan keturunan langsung dari salah satu sub spesies ayam hutan yang dikenal juga dengan sebutan ayam hutan merah atau dalam bahasa latinnya disebut juga galus-galus.

Kawin silang antara ras ayam telah menghasilkan galur unggul atau galur murni dengan bermacam-macam fungsi dan yang paling umum adalah ayam potong maupun ayam petelur. Keunikan pada ayam terjadi saat muncul ayam yang mempunyai tampilan tidak seperti warna kulit ayam pada umumnya.

Fakta Unik Ayam Cemani
Ayam Cemani

Disebut dengan ayam cemani atau ayam hitam legam asli Indonesia. Diluar dugaan, ayam yang dipercaya masyarakat kita sebagai ayam mistis justru mempunyai nilai pasar yang cukup tinggi di Amerika Serikat. Bahkan sebuah perusahaan peternakan di Florida (Green Fire Farm) mampu meraup untung besar dengan melonjaknya permintaan terhadap ayam yang dianggap eksotis karena seluruh tubuhnya berwarna hitam.

Bayangkan saja, saking populernya satu telur ayam cemani yang baru menetas dihargai 200 US Dollars atau dalam rupiah sekitar 2,9 juta rupiah. Harga tersebut tergolong fantastis karena di Indonesia harga satu butir telur ayam cemani hanya dihargai 200 ribu saja. Nah, seperti apa keunikan ayam cemani? Berikut informasinya.

Silsilah Ayam Cemani


Fakta unik dari ayam cemani yang pertama adalah dari mana ayam ini berasal? Ternyata ayam yang mempunyai warna kulit hitam ini termasuk dalam golongan ayam kedu yang merupakan ras ayam lokal yang dikembangkan di wilayah Kedu, Magelang. Pada zaman Kerajaan Majapahit, ayam ini merupakan ayam yang sangat istimewa sehingga banyak orang yang ingin memeliharanya termasuk raja-raja pada zaman dahulu kala. Terdapat beberapa jenis ayam kedu, yang pertama ayam kedu hitam dengan spesifikasi seluruh tubuh dan bulu berwarna hitam, hanya jengger dan kloaka yang masih kemerahan.

Berikutnya adalah ayam kedu cemani atau ayam hitam legam yang menjadi pokok pembahasan kita saat ini. Seluruh tubuh dan bulu berwarna hitam tanpa terkecuali bahkan daging dan tulangpun kehitaman. Selanjutnya ada ayam kedu yang berwarna putih dan ayam yang terakhir ayam kedu merah berbulu hitam dan berjengger merah. Menurut catatan sejarah, ayam ras lokal ini mulai di kembangbiakkan oleh Cokro Miharjo pada tahun 1924.

Mitos Ayam Cemani


Selanjutnya ayam cemani memiliki beberapa mitos, yang pertama ayam hitam ini diyakini oleh masyarakat kita sebagai ayam pembawa hoki. Selain bentuknya yang unik sebagai ayam, diyakini ayam ini dapat memberikan keberuntungan bagi mereka yang memelihara dan merawatnya. Berikutnya ayam cemani dipercaya sebagai tumbal persyaratan kebutuhan ritual ghaib. Ya, bukan saja pembawa keberuntungan, ayam ini juga ternyata diyakini memiliki daya magis dan mistis yang tinggi. Hal ini tentu saja disebabkan oleh masih banyak masyarakat kita yang masih memegang tradisi sehingga membuat hal mistis masih sangat dipercaya. Selain itu, ayam cemani juga dapat dijadikan ruat syukuran bumi, laut, gunung atau kawah, ruat memandikan benda pusaka, ruat buang sial bahkan mempermudah jodoh seseorang.

Ayam Cemani Bertanduk


Hewan bertanduk yang sering kita lihat biasanya seperti sapi, kerbau atau kambing. Tapi anehnya, tanduk itu juga dimiliki oleh ayam cemani milik warga Desa Purwodadi, Kec. Margoyoso, Pati Jawa - Tengah. Bagian atas kepala ayam tersebut tumbuh tanduk yang membedakan dengan ayam-ayam lainnya. Ayam cemani bertanduk itu milik Sandi heriyono warga Desa Purwodadi. Menurutnya, tanduk tumbuh di atas paruh dekat jengger yang mirip jalu ayam yang biasanya tumbuh di bagian kaki ayam jantan. Karena bentuknya yang unik, ayam cemani ini mengundang rasa penasaran warga untuk melihat-lihat dari dekat. Sementara Sandi hariyono menjelaskan selam empat tahun ia beternak ayam, baru kali ini melihat ayam bertanduk seperti yang di milikinya.

Baca Juga :

Itulah beberapa Fakta Unik Mengenai Ayam Cemani yang memiliki warna kulit hitam pada seluruh tubuhnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan Anda.


EmoticonEmoticon