Friday, November 6, 2015

Resiko Minum Kopi Saat Kehamilan

Resiko Minum Kopi Saat Kehamilan - Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kehamilan merupakan suatu hal yang sangat diidamkan oleh setiap pasangan di semua kalangan. Pada umumnya, setiap orang yang hamil akan merasakan beberapa hal yang wajar diantaranya morning sickness, mual, pusing, dan sensasi lain yang terjadi tergantung masing-masing wanita. Hal ini lumrah dirasakan oleh para wanita yang tengah hamil, karena menurut hukum medis, adanya benda asing yang ada di dalam tubuh akan menyebabkan respon yang berbeda.

Resiko Minum Kopi Saat Kehamilan

Kerentanan seorang wanita di saat hamil cukup tinggi terhadap beberapa makanan yang memberikan pengaruh negatif untuk kesehatan janin beserta ibunya, tidak boleh terlalu capek atau lelah karena dapat mempengaruhi perkembangan janin, makan makanan yang bergizi agar janin tumbuh dengan sehat, minum minuman yang tidak mengandung unsur yang dapat beresiko terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

Dalam hal ini contohnya ialah minum kopi. Banyak orang yang menyukai kopi, bahkan banyak wanita yang kecanduan kopi sebelum terjadinya kehamilan tidak bisa menghentikan kebiasannya dalam meminum kopi. Memang kopi rasanya sangat nikmat, cocok untuk menemani di setiap suasana. Ketika sedang bekerja, baik kopi hitam maupun kopi campuran sangat nikmat untuk menemani kerja kita. Akan tetapi ketika wanita sedang dalam proses kehamilan, wanita hamil tidak boleh sembarangan asal minum kopi. Banyak yang bertanya-tanya, apakah kopi beresiko terhadap kehamilan? Untuk itu, kami akan membahasnya secara lebih rinci tentang resiko minum kopi saat kehamilan.

Resiko Minum Kopi Saat Kehamilan


  • Meskipun, seseorang tidak bisa memastikan fakta bahwa kopi menyebabkan gangguan perkembangan pada janin, beberapa survei menemukan kemungkinan ini.
  • Alasan mengapa kafein bisa berbahaya bagi bayi adalah bahwa molekul kafein dapat dengan mudah melewati plasenta dan masuk ke aliran darah bayi.
  • Namun, harus dicatat bahwa kemungkinan bahaya dari kafein hanya jika melebihi konsumsi harian yang direkomendasikan, yaitu sekitar satu, tiga cangkir 12 ons.
  • Kelainan hanya ditemukan diantara wanita yang minum kopi terlalu banyak, kadang-kadang sekitar 8 sampai 12 cangkir per hari.

Di bawah ini adalah beberapa konsekuensi dari minum kopi terlalu banyak selama kehamilan.

Bayi Lahir Mati
  • Seorang wanita yang sedang hamil dan mengkonsumsi kopi berlebihan sangat beresiko pada kelahiran bayi mati, karena asupan gizi yang seharusnya masuk ke dalam aliran darah janin terganggu karena adanya molekul kafein yang dapat menerobos kedalam plasenta.

Keguguran
  • Hal ini sering terjadi pada awal masa kehamilan, bahkan wanita yang ingin program kehamilan pun disarankan untuk tidak mengkonsumsi minuman berkafein ini. Karena dikhawatirkan dapat berefek negatif pada janin yang dapat menyebabkan keguguran. Jadi untuk ibu-ibu yang sedang menjalankan program kehamilan sebaiknya kurangi minuman kopi ini, kalau perlu hindari.

Lahir Prematur
  • Ibu hamil yang kecanduan kopi bisa menyebabkan ibu hamil melahirkan bayi prematur. Perkembangan janin tersebut belum genap berusia 38 minggu, namun sudah lahir ke dunia akibat zat berbahaya di dalam kopi tersebut.

Terkena Insomnia
  • Insomnia tidak hanya akan menyerang orang dewasa saja, namun insomnia kini bisa menyerang bayi yang baru saja dilahirkan. Ketika di dalam kandungan, bayi sudah terbiasa insomnia akibat kopi yang dikonsumsi oleh ibu hamil. Apa yang dikonsumsi dan diminum ibu hamil akan diminum serta dikonsumsi pula oleh janin yang dikandungnya. Kopi yang diminum tersebut akan membuat bayi yang ada di dalam kandungan terkena insomnia. Begitu pula ketika dilahirkan, bayi yang seharusnya menghabiskan setiap waktunya untuk tidur bayi tersebut akan susah tidur atau insomnia.
  • Ibu tidak boleh mengabaikan pola tidur bayi yang sehat, sebab bayi membutuhkan tidur yang berkualitas untuk membantu perkembangan di dalam tubuhnya. Jika bayi tidak tidur akibat insomnia, banyak gangguan yang akan terjadi pada bayi tersebut. Organ bayi tidak bisa berkembang dengan sempurna, bayi akan mudah rewel dan juga mudah terkena penyakit dikarenakan sistem imun yang lemah dan menurun.

Bayi Tidak Berkembang Dengan Baik
  • Tentu saja dalam hal ini berhubungan dengan asupan gizi yang kurang, sehingga dapat mengakibatkan masalah pertumbuhan dan perkembangan saat janin, bahkan dapat juga bayi lahir dengan kecacatan.

Baca Juga :

Sekian artikel lengkap dari kami tentang Resiko Minum Kopi Saat Kehamilan, sebaiknya untuk Anda ibu-ibu mempertimbangkan kembali minum kopi saat hamil setelah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon