Tuesday, September 8, 2015

Efek Buruk Terlalu Banyak Tidur

Efek Buruk Terlalu Banyak Tidur - Tidur dianggap menjadi hal yang membahagiakan, yang meremajakan kita dari hari stres dan ketegangan. Tidur juga merupakan cara paling baik dan efektif untuk mengembalikan kondisi tubuh. Sementara, kurang tidur bisa mengakibatkan penurunan kemampuan konsentrasi, produktivitas, hingga kreativitas.Tidur memiliki kekuatan untuk merevitalisasi tubuh manusia tetapi jika ada yang kurang tidur atau terlalu banyak tidur, maka tubuh tidak akan merespon dengan positif.

Efek Buruk Terlalu Banyak Tidur

Tidur terlalu lama atau disebut oversleeping justru bisa berakibat buruk bagi kondisi tubuh. Rata-rata orang dewasa butuh tidur selama 7-9 jam setiap malam, dan 8 jam dinilai sebagai waktu yang paling ideal. Tidur lebih dari 9 jam akan mengakibatkan kerusakan sel-sel tubuh sehingga mengurangi harapan hidup hingga 17%.

Penelitian terakhir seperti dilansir dari Independent menyebut, terlalu banyak tidur bisa memicu serangan stroke. Penelitian itu membatasi tidur yang dimaksud adalah yang melebihi dari delapan jam waktu ideal yang dianjurkan para dokter.

Apakah Anda termasuk yang punya hobi tidur? Ataukah sering “balas dendam” ketika akhir pekan dan saat liburan untuk tidur seharian? Jika iya, mungkin kebiasaan Anda harus mulai diubah sejak saat ini, ya!

Efek Buruk dari Kebanyakan Tidur


Tidur terlalu banyak dibandingkan dengan jam tidur yang disarankan dapat menyebabkan masalah kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa efek buruk dari kebanyakan tidur.

  1. Banyak dokter percaya bahwa terlalu banyak tidur dapat menyebabkan sakit punggung.
  2. Terlalu banyak tidur dapat menyebabkan sakit kepala.
  3. Tubuh menjadi kurang aktif. Kurangnya olahraga atau aktivitas fisik di siang hari dapat menyebabkan penambahan berat badan.
  4. Terlalu banyak tidur meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan masalah jantung koroner.
  5. Penelitian menyatakan bahwa orang yang cenderung bangun kesiangan memiliki resiko tingkat kematian yang lebih tinggi.
  6. Orang-orang yang cenderung tidur lebih dari sembilan jam setiap malam berisiko lima puluh persen lebih besar untuk terkena serangan diabetes, dibandingkan mereka yang tidur tujuh jam setiap malam.

Di atas ini adalah berbagai efek buruk terlalu banyak tidur. Jika Anda cenderung melebihi jam tidur yang dianjurkan maka akan dapat menderita efek samping dari kondisi ini. Dengan kebiasaan gaya hidup sehat, akan membantu Anda membangun kembali kebiasaan dan cara tidur yang teratur.


Nah, gimana? Masih ingin menghabiskan Minggu siang ini dengan tidur atau bermalas-malasan di kasur?


EmoticonEmoticon