Wednesday, September 2, 2015

Bahaya Stres Akibat Kegagalan

Bahaya Stres Akibat Kegagalan - Kegagalan merupakan salah satu pengalaman hidup yang amat sangat menyakitkan, bagi sebagian orang kegagalan itu merupakan kunci kesuksesan tetapi, menurut sebagian orang lainnya kegagalan merupakan titik kehancuran. Di mana seseorang harus mencari jalan keluar untuk bangkit kembali dari kegagalan tersebut. Kegagalan ini bisa meliputi berbagai macam hal, misalnya dalam hal Pekerjaan, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya.

Bahaya Stres Akibat Kegagalan

Seseorang yang mengalami kegagalan cenderung patah semangat, karena kerja keras yang selama ini dijalani terbuang sia-sia karena kegagalan. Banyak orang yang mengalami kegagalan dalam hal usaha atau berbisnis tetapi mereka terus tetap berusaha, sabar dan bangkit kembali untuk membangun usaha-usaha dan bisnis lainnya. Ada juga orang yang gagal dalam hal pendidikan, selama mengikuti tes masuk perguruan tinggi mereka selalu gagal, sehingga mereka frustasi dan mengalami stres berat yang berujung pada malas belajar dan malas berusaha. Nah, itulah kedua contoh Positif dan Negatif dari sebuah kegagalan.


Orang yang mengalami kegagalan sangat membutuhkan pendamping dan motivator dalam hidupnya. Karena, bila orang tersebut tidak mendapati motivasi dari orang terdekat Ia akan cenderung mengalami stres yang berkepanjangan sehingga berujung pada gangguan jiwa, bahkan ada yang sampai bunuh diri hanya gara-gara gagal dalam membina rumah tangga. Di sini di butuhkan mental, iman, dan ketakwaan kepada Tuhan yang besar karena bila keimanan sudah hilang dalam diri seseorang maka, jalan apapun bisa diambil untuk melampiaskan kegalauan serta rasa depresinya.

Kegagalan juga bisa mengakibatkan seseorang terjun kepada hal-hal negatif. Contohnya seseorang yang gagal dalam hal pendidikan sehingga mengalami kesulitan dalam mencari pekerjaan dan akhirnya memutuskan untuk mencari jalan haram yaitu merampok dan membegal. Hal itu hanya akan terjadi bila orang tersebut sudah dalam titik yang sangat sulit, sehingga ia mengalami stres yang sangat berat dan mengambil jalan pintas dengan hal tersebut.

Stres yang berujung kepada gejala kejiwaan seperti gangguan jiwa bahkan ada seseorang yang gila akibat dari kegagalan tersebut. Suatu ketika saya mendengar bahwa ada seseorang yang mencalonkan dirinya sebagai caleg. Tetapi, orasi dan kampanye yang Ia jalankan selama ini hanya terbuang sia-sia karena Ia tidak terpilih sebagai anggota legislatif. Orang tersebut mengalami stres berat karena uang yang ia keluarkan selama ini terbuang sia-sia sehingga hal tersebut membuat Sang caleg mengalami gangguan Jiwa.

Kesabaran dan ketekunan sangat dibutuhkan dalam hal ini. Karena, itulah yang dibutuhkan setiap orang untuk meraih sesuatu yang diinginkan dan untuk menghindari stres akibat kegagalan. Motivasikan diri Anda sendiri, dan bangkit dari kegagalan tersebut. Mulailah dengan hal baru, dan jangan takut gagal karena itu memang kunci kesuksesan.


EmoticonEmoticon