Saturday, July 4, 2015

Kenali Penyebab Wanita Susah Hamil

Kenali Penyebab Wanita Susah Hamil - Di dunia ini, siapa wanita yang tidak ingin hamil dan mempunyai keturunan. Bukan hanya wanita, pria juga pasti ingin segera mempunyai keturunan jika usia sudah pada waktunya. Bahkan orang tua dan mertua juga sering mendesak kita bagaimanapun cara dan apapun tipsnya untuk cepat hamil dan segera menghasilkan keturunan.

Kenali Penyebab Wanita Susah Hamil

Padahal berbagai cara cepat hamil sudah dilakukan,tetapi sayangnya kadang untuk bisa hamil itu tidak semudah yang kita bayangkan.

Penyebab umumnya sulit hamil perempuan disebabkan karena masalah ovulasi, dimana pelepasan telur yang matang yang kemudian berjalan menuju tuba falopi untuk dibuahi. Tanda umum pada perempuan sulit hamil adalah periode datang bulan yang abnormal atau tidak teratur masalah ovulasi.


Ada beberapa hal yang menyebabkan susah hamil pada wanita. Anda perlu tahu hal-hal berikut ini untuk dapat waspada dan mencegahnya ataupun menanganinya.

1. Gaya Hidup Tidak Sehat


Tanpa disadari gaya hidup tidak sehat akan mempengaruhi kesuburan Anda, terutama bagi wanita yang terbiasa merokok, minum minuman keras ataupun wanita karir yang workaholic sehingga terbiasa bekerja hingga larut malam dan tidak bisa terlepas dari kafein. Kurangi atau bahkan hilangkanlah kebiasaan tersebut. Mulailah mengkomsumsi makanan sehat dan juga buah-buahan. Olahraga juga jangan dilupakan karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi bugar dan mudah-mudahan dengan tubuh yang fit anda akan bisa segera hamil sesuai dengan keinginan Anda.

2. Pengobatan Kanker


Ketika sedang menjalani radioterapi maka pengobatan kanker dapat mengganggu dan mengakibatkan sistem reproduksi pria atau wanita terganggu. Penelitian ini menunjukkan adanya penurunan pada kesuburan wanita disebabkan karena efek samping dari radiasi. Meskipun demikian kondisi ini akan tergantung pada bagian tubuh yang terpapar sinar.

3. Menopause Dini


Seorang wanita dapat dikatakan mengalami sindrom menopause dini ketika menstruasinya terhenti di usia yang tergolong muda, biasanya wanita yang mengalami sindrom ini berhenti menstruasinya secara tiba-tiba pada usia kurang dari 40 tahun. Jika sudah begini maka tak ada lagi sel telur yang dapat dibuahi. Tentu saja jika sperma sudah tidak bisa membuahi sel telur, maka tidak akan terjadi kehamilan.

4. Kerusakan Pada Saluran Telur (Tuba)


Penyumbatan atau adanya jaringan perut yang disebabkan karena meradangnya saluran tuba sehingga mempengaruhi kesuburan. Kerusakan tersebut disebabkan karena infeksi penyakit menular seksual teruatama oleh klamidia. Kasus lainnya dapat dikarenakan penyumbatan penyakit karena radang panggung atau pasca operasi kehamilan ektopik.

5. Terlalu Lama Menunda Kehamilan


Tahukah anda bahwa menunda kehamilan tidak selamanya adalah solusi yang tepat ketika Anda sedang sibuk mengejar karir atau sedang menempuh pendidikan lanjutan yang tentu saja menyita waktu Anda. Usia 30 tahun keatas adalah usia yang mulai rawan bagi wanita yang belum hamil. Pada usia tersebut umumnya wanita cenderung akan lebih susah hamil dibanding ketika mereka masih berusia 20an.

Jumlah produksi sel telur wanita akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Terlebih kualitas sel telur juga akan mengalami penurunan yang signifikan dibanding dengan kualitas sel telur pada wanita yang lebih muda. Apabila Anda memang berencana punya anak, maka sangat disarankan agar tidak menunda kehamilan atau bila sangat terpaksa menunda, janganlah menunda kehamilan terlalu lama karena usia Anda semakin bertambah dan kualitas sel telur Anda tentu saja akan berkurang yang tentu akan berpengaruh bagi usaha Anda untuk segera hamil.

2 komentar

Kalau gaya hidup kita tidak sehat bisa menyebabkan fungsi organ dalam tubuh tidak normal salah satunya alat reproduksi. Harusnya kalau merencenakan kehamilan harusnya kita siapkan tubuh yang sehat juga ya gan?


EmoticonEmoticon