Monday, June 1, 2015

Kebiasaan Mengumpat

Update Dunia - Baru-baru ini, perusahaan survei Consulta Mitofsky melakukan sebuah riset tentang kebiasaan mengumpat. Hasilnya sungguh mengejutkan. Orang Meksiko dinobatkan sebagai yang paling sering mengumpat, hingga 20 kali dalam satu hari. Itu artinya, ada sekitar 1,3 juta umpatan setiap hari. Jumlah yang sangat fantastis tentunya.

Kebiasaan Mengumpat

Survei yang menanyai 1000 orang dewasa ini, melaporkan bahwa satu dari 10 orang Meksiko menyatakan tidak mengumpat sama sekali. Selain itu, warga dengan kategori ekonomi kelas atas, kebiasaan mengumpatnya jauh lebih banyak dibanding warga ekonomi kelas rendah atau miskin. Sedangkan penduduk yang berdomisili didaerah seperti India bagian selatan, lebih sedikit kebiasaan mengumpatnya dibanding mereka yang tinggal di utara.

Para responden menggunakan penilaian dan penafsiran mereka sendiri mengenai apa yang disebut dengan mengumpat. Tapi, hampir semua mengucapkan kata "caramba" sebagai kata umpatannya, yang kira-kira sama dengan "astaga" dalam bahasa Indonesia. Meksiko sendiri memiliki jumlah penduduk dewasanya sebanyak 65 juta jiwa, berusia diatas 18 tahun dari 107 juta penduduk. Sungguh suatu kebiasaan yang tidak terpuji.


EmoticonEmoticon